Friday, June 11, 2010

PREVIEW PIALA DUNIA 2010: Afrika Selatan vs Meksiko

Kick Off Jumat, 11 Juni 2010 - 20.00 WIB
Soccer City Stadium, Johannesburg

Afrika Selatan (Afsel) akan menjadi negara ketiga yang bermain di laga pembuka Piala Dunia. Dua sebelumnya adalah Kamerun, ketika mengalahkan Argentina 1-0, di Piala Dunia 1990 dan Senegal -- saat mempecundangi raksasa Prancis 1-0 -- di Piala Dunia 2002.

Meksiko telah empat kali bermain di laga pembuka Piala Dunia, dan tak pernah menang. Hasil terbaik yang bisa diraih Meksiko adalah ketika menahan Uni Soviet tanpa gol di laga pembuka Piala Dunia 1970. Di tiga laga pembuka lainnya, Meksiko selalu kalah, dan kebobolan 11 gol.

Afsel tahu apa yang harus dilakukan untuk mengikuti jejak Kamerun dan Senegal. Meksiko akan berupaya meraih kemenangan pertama dalam laga pembuka, sekaligus meretas jalan ke babak kedua.

Tuan rumah yang dihadapi Afsel bukan lagi tim yang dua tahun lalu selalu kesulitan memenangkan laga. Saat itu Sekjen FIFA Sepp Blatter sempat khawatir Afsel menjadi tuan rumah yang gagal lolos ke babak kedua. Afsel saat ini adalah tim yang tak terkalahkan di 12 laga.

Meksiko adalah tim dengan materi pemain muda, yang terus memperlihatkan peningkatan peforma. Terakhir mereka mengalahkan Italia 2-1.

Kedua tim diramalkan akan bermain menyerang, karena memiliki motivasi samal. Afsel akan menikmati suasana Soccer City Stadium, yang pasti bising oleh vuvuzela, aura Madiba Magi Nelson Mandela.

Meksiko akan sedikit menderita karena tak terbiasa bermain di tengah suara gaduh. Javier Aguirre, pelatih Meksiko, tampaknya harus menempuh cara ekstra mempersiapkan timnya menghadapi laga pembuka.


Afrika Selatan
25-05-2010 Afsel 1 - 1 Bulgaria
28-05-2010 Afsel 2 - 1 Kolombia
01-06-2010 Afsel 5 - 0 Guatemala
05-06-2010 Afsel 1 - 0 Denmark
05-06-2010 Zambia 1 - 1 Afsel

Meksiko
17-05-2010 Meksiko 1 - 0 Chile
25-05-2010 Inggris 3 - 1 Meksiko
27-05-2010 Belanda 2 - 1 Meksiko
30-05-2010 Meksiko 5 - 1 Gambia
04-06-2010 Italia 1 - 2 Meksiko


Situasi Afsel

Sejenak perhatikan lima laga persahabatan Afsel. Bafana Bafana tampaknya tak bisa mengatasi masalah klasiknya; tak produktif. Tapi lini belakangnya relatif tangguh, dengan hanya kebobolan tiga gol dari lima pertandingan.

Yang masih membingungkan Parreira adalah siapa yang akan berada di sisi Steven Pienaar di lini tengah. Pilihannya adalah Kagiso Dikgacoi atau Thanduyise Khuboni. Terdapat indikasi Perreira lebih menyukai Dikgacoi, yang berpengalaman di Liga Inggris.

Di lini depan Katlego Mpheladi, pencetak gol tunggal ke gawang Denmark, akan menjadi starter. Bernard Parker duduk di bangku cadangan.

Perkiraan Starting Line Up: Itumeleng Khune, Peter Tsepo Masilela, Bongani Khumalo, Aaron Mokoena, Siboniso Gaxa, Siphiwe Tshabalala, Reneilwe Letsholonyane, Kagisho Dikgacoi, Tsholofelo Modise, Steven Pienaar, Bernard Parker.


Situasi Meksiko

Meksiko mengemas tujuh gol dari dua laga persahabatan, dan kebobolan dua gol. Namun jika melihat tiga laga persahabatan sebelumnya, Meksiko bukan tim dengan lini belakang yang baik.

Mereka piawai memainkan bola dari kaki ke kaki, tapi lemah mengantisipasi serangan balik dan permainan fisik. Ini terlihat saat dikalahkan Belanda dan Inggris.

Striker Guillermo Franco sembuh dari cedera, yang membuat pelatih Javier Aguirre punya opsi lain untuk menemani Javier Fernandez di lini depan. Rafael Marquez telah kembali berlatih, tapi tidak ada jaminan pemain belakang Barcelona itu menjadi starter.

Perkiraan Starting Line Up: Francisco Guillermo Ochoa, Carlos Amoldo Salcido, Ricardo Osorio, Rafael Márquez Álvarez, Efraín Juárez, José Andrés Guardado, Israel Castro, Gerardo Torrado, Giovani Dos Santos, Carlos Alberto Vela, Javier Hernández.

Pemain Layak Diamati

Steven Pienaar: Jika ada pemain Afsel paling bersinar di Eropa, mungkin hanya Pienaar. Ia memang tak bermain di Liga Champions, tapi peranannya di Everton membuat banyak klub menginginkannya.

Pienaar berpotensi membuat masalah dari second line, ketika dua striker tak berpengalaman Afsel kesulitan mencetak gol.

Javier Hernández: Jika Carlos Vela duduk di bangku cadangan, Javier Hernandez akan leluasa bergerak di lini depan. Guillermo Franco, yang kemungkinan menjadi tandemnya, akan lebih banyak berperan sebagai pembuka celah di pertahanan Afsel.

Prediksi

Meksiko tak berpengalaman memenangkan laga pembuka Piala Dunia. Afsel baru sekali tampil di laga pembuka turnamen empat tahunan ini. Peluang relatif sama.

Meksiko lemah menghadapi serangan balik dengan umpan-umpan panjang, tapi piawai menguasai mengatur tempo permainan. Kelengahan sedikit saja akan membuat Meksiko memperpanjang rekornya menjadi tim yang lima tak bisa memenangkan laga pembuka. Situasi stadion akan membuat Afsel akan bermain dengan lebih percaya diri.
Sumber: goal.com

No comments:

Post a Comment