Wednesday, January 26, 2011

Ternyata Facebook Paling Repotkan Polisi Indonesia


Jakarta - Kasus kriminal di internet semakin marak di internet. Namun saat ini, kepolisian ternyata paling banyak disibukkan oleh kasus terkait situs jejaring sosial, dalam hal ini Facebook. Hal ini diakui oleh Kasat Cyber Crime Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, AKBP Hermawan.

"Yang paling banyak dilaporkan adalah pencemaran nama baik via Facebook. Sebab banyak yang tidak sadar sehingga merasa bebas berbicara di Facebook. Padahal sudah ada UU yang melarang perbuatan demikian," tukas dia, dalam acara Ngobrol Bareng detikINET, Rabu (26/1/2011).

Kasus lain yang sudah sering terjadi adalah aksi penipuan yang dilakukan melalui profil palsu di Facebook. Jadi, ada seorang penipu yang memasang profil di Facebook dan menyatakan diri sebagai seorang lelaki tampan. Nah, dia coba mencoba menjerat para janda kaya untuk memberinya uang.

"Janda ini dijanjikan akan dinikahi, namun harus membayar uang dulu untuk membantu tersangka. Ujung-ujungnya, dia tertipu," tambah Hermawan.

Kasus ini bukanlah isapan jempol di Indonesia, karena menurut Hermawan polisi baru-baru ini sudah menangkap tersangkanya. Ia adalah seorang pria Nigeria yang terbukti melakukan modus di atas dan menggaet uang miliaran dari para perempuan yang tertipu. Jadi, waspadalah!

[detik.com]

No comments:

Post a Comment