Friday, October 29, 2010

Uni Eropa Berikan Bantuan 1,5 Juta Euro Untuk Indonesia

Paris - Bantuan asing terus mengalir untuk Indonesia menyusul bencana-bencana alam yang terjadi. Komisi Eropa memberikan bantuan dana sebesar 1,5 juta euro untuk menolong puluhan ribu korban yang selamat dari letusan Gunung Merapi dan tsunami di Mentawai.

Uang tersebut akan digunakan untuk membantu sekitar 65 ribu orang di Mentawai yang diterjang tsunami pada 25 Oktober lalu. Sebanyak 22 ribu orang lainnya yang dilanda letusan Gunung Merapi juga akan menerima bantuan Eropa tersebut.

Mitra-mitra kemanusiaan Komisi Eropa akan menggunakan dana tersebut untuk menyediakan air bersih dan sanitasi bagi para korban, akses ke layanan kesehatan dan pengendalian penyakit, juga untuk menyediakan makanan, telekomunikasi darurat dan tempat penampungan sementara.

Dana tersebut juga akan digunakan untuk dukungan logistik dan psikologis bagi para korban.

"Saya sangat prihatin akan bencana-bencana alam yang telah melanda Indonesia dan penduduknya dalam beberapa hari terakhir," kata kepala bantuan Eropa Kristalina Georgiev dalam statemen seperti dilansir kantor berita AFP, Jumat (29/20/2010).

Georgieva mengatakan, bantuan darurat dari Uni Eropa ini akan membantu meringankan penderitaan para korban yang selamat.

Sejauh ini lebih dari 300 orang dipastikan tewas akibat tsunami di Mentawai. Ratusan orang lainnya hingga kini belum ditemukan. Sedangkan bencana letusan Gunung Merapi telah menewaskan puluhan orang.

[sumber: http://www.detiknews.com/read/2010/10/29/153221/1478835/10/uni-eropa-berikan-bantuan-15-juta-euro-untuk-indonesia]

No comments:

Post a Comment