Thursday, October 28, 2010

10 Mesin Motor Paling Enak Dipandang

Inggris - Bila kita membicarakan mana mesin motor terbaik, pasti kontroversi tidak akan ada habis-habisnya. Kalau begitu bagaimana jika kita melihat mesin-mesin motor yang paling enak dipandang saja?

Seperti detikOto kutip dari Visordown, Jumat (29/10/2001) selain memiliki performa yang mantap, sebuah mesin motor ternyata juga memiliki tampilan yang seharusnya menjadi perhatian.

Terutama bila hal itu menyangkut dengan keselarasan antara mesin tersebut dengan disain motor secara keseluruhan. Dan dari sekian banyak mesin motor yang digendong ratusan motor di dunia, mesin AJS 7R adalah mesin yang paling enak dipandang dengan perpaduan warna emas di tubuhnya.

Apa sajakah mesin dengan penampilan terbaik versi Visor Down? Berikut detikOto tampilkan untuk anda.

1. AJS 7R

Mesin yang diproduksi dalam rentang waktu 15 tahun ini tadinya hanya diproduksi untuk pembalap. Namun setelah enam tahun hanya dilepas untuk balapan, mesin berkapasitas 350 cc ini akhirnya dijual lepas. Namun mesin ini hanya mampu mengeluarkan tenaga sampai 32 bhp saja.


2. Honda CBX-6

Mesin berkapasitas 1.047 cc dengan enam silinder andalan Honda ini menjadi bukti bahwa meski berukuran bongsor tapi masih enak dipandang meski dengan dua silinder ekstra. Berbekal kekuatan hingga 100 bhp, Honda CBX-6 ini menjadi perpaduan antara kekuatan dan disain serta suara yang menggelegar.

3. Triumph Twin

Meski terkesan sederhana, tidak bisa dipungkiri tampilan mesin ini terlihat tampan dengan kesederhanaannya tersebut. Dengan perpaduan antara blok mesin dan lengkungan knalpot yang tersemat, mesin ini tampil indah dengan sederhana.

4. Moto Guzzi V-twin

Bertubuh bongsor, mesin ini tampil sangar terutama di jaman 1970an. Terlebih ide disain silinder yang mencuat keluar ternyata kabarnya diadopsi dari disain pesawat yang berguna untuk membuat mesin ini terus dialiri angin yang membuatnya dingin.

5. Victory V-twin

Dari tampilannya saja, mesin ini sudah enak dipandang dengan gaya dan penampilan yang indah. Apalagi mesin yang dikembangkan oleh Cosworth ini memiliki kapasitas 1.731 cc dengan bentuk V kemiringan 50 derajat yang mempu membuatnya menyemburkan torsi sampai 113 ft-lb.

6. RC211V

Ini adalah salah satu perwakilan generasi mesin modern di daftar 10 besar disain mesin motor terbaik. Dikembangkan Honda khusus untuk ajang balap MotoGP mesin motor ini sudah tidak perlu lagi dibicarakan.

7. Ducati Singles

Mesin ini adalah cikal bakal mesin perkasa Ducati di era modern. Fabio Taglioni mengembangkan sistem terkenal Desmodromic yang pertama pada mesin 125 single ini. Itulah yang membuat mesin ini indah. Selain tampailan tapi juga karena kepeloporannya.

8. Kawasaki W650

Ini benar-benar suatu mesin yang bagus untuk era 1961. Mesin retro Kawasaki W650 menggunakan bevel driven valve gear yang menambahkan sentuhan visual yang bagus. W650 ini secara massal populer untuk meng-customise motor Jepang yang ingin tampil dengan mesin menawan.

9. Aprilia V4

Mesin ini baru dinobatkan sebagai Juara Dunia. Mesin ini terlihat kompak, kuat dan halus dalam tubuh motor RSV. Pepatah lama yang mengatakan 'jika terlihat benar itu pasti bagus' juga terbukti benar di sini. Dengan kapasitas 1.000 cc mesin ini menjadi wakil kekuatan era mesin modern.

10. Yamaha 350LC

Pada saat pertama kali keluar, Yamaha 350LC begitu perkasa. Dan di dasar kesederhanaannya, cat hitam yang melaburi mesin ini adalah laksana emas yang memungkinkan para desainer untuk membangun sebuah motor yang rapi, kompak dan lincah.

[sumber: http://oto.detik.com/read/2010/10/29/103903/1478472/648/10-mesin-motor-paling-enak-dipandang?881104638]

No comments:

Post a Comment