Saturday, March 26, 2011

Wow! Emas dan Perak Tembus Rekor



Harga emas sempat menembus rekor tertinggi di pekan ini. Harga perak pun ikut mencetak rekor tertinggi dalam 31 tahun terakhir. Kedua jenis logam ini menjadi alternatif investasi yang paling aman di tengah krisis di Timur Tengah yang tak kunjung usai, lalu krisis utang di Portugal, dan krisis nuklir di Jepang.

Kenaikan harga emas dan perak didorong oleh melemahnya nilai tukar dolar AS terhadap euro akibat melemahnya data industri di AS, walaupun pertumbuhan ekonomi AS diperkirakan naik di kuartal akhir 2010.

"Peralihan investasi dan melemahnya nilai tukar dolar mendorong logam-logam berharga tersebut menembus rekor," ujar Analis Ian O'Sulivan seperti dikutip dari AFP, Sabtu (26/3/2011).

"Kami melihat adanya dorongan positif untuk harga logam di tengah kisruh yang terjadi di Timur Tengah, bencana gempa dan nuklir di Jepang, serta berlanjutnya kekhawatiran akan ekonomi Eropa karena masalah di Portugal dan Irlandia," lanjut Ian.

Jadi, selama dolar AS terus melemah, nilai emas dan perak diperkirakan bakal terus melambung.

Harga emas menembus rekor di US$ 1.447,82 per ounce pada Kamis (24/3/2011) di pasar London. Sedangkan perak melompat ke US$ 38,16 per ounce, yang merupakan level tertinggi sejak Februari 1980.

Namun di Jumat, emas turun kembali ke US$ 1.436 per ounce dan perak ke US$ 37,68 per ounce.

"Emas dan perak mengukuhkan reputasinya sebagai investasi paling aman di tengah iklim politik dunia saat ini. Di mana munculnya perang di Libya, dan sebagian negara Arab. Ditambah lagi dengan bencana di Jepang, dan krisis utang di Eropa," ujar Analis lain Carsten Fritsch.

[detik.com]

No comments:

Post a Comment