Saturday, March 26, 2011

Akhir Kata Untuk "Sebuah Legenda Dari China"

Sebagaimana disebutkan di thread sebelah, cerita Sebuah Legenda Dari China ini diangkat dari buku yang berjudul Zona Tak Masuk Diakal - Jilid Kedua. Buku dengan aksara China ini tebalnya 314 halaman dan terdiri dari 16 cerita pendek yang berhubungan dengan roh.

Sebuah Legenda Dari China adalah cerita kedua dalam buku tersebut yang sebenarnya berjudul 看相 (Meramal). Teman saya yang bernama Kathy membantu saya menerjemahkan isi cerita tersebut secara lisan yang saya catat dalam puluhan lembar kertas. Karena memintanya menerjemahkan kalimat per kalimat secara mendetail, maka penerjemahan tersebut memakan waktu hampir 4 jam. Mamanya yang baik sampai 2 kali menyuguhkan snack dan minuman.

Hasil terjemahan dari Kathy kemudian saya susun dan sadurkan keforum ini tetapi hanya sampai kira2 sepertiga bagian. Selanjutnya saya merubah dan menambahkan cerita tersebut dengan tanpa merubah alur ceritanya sampai selesai. Yang mati tetap Su Jichen dan Xiuyi seperti cerita aslinya. Inilah buku Zona Tak Masuk Diakal itu, sebuah buku terbitan 1982 yang dibeli oleh ayah Kathy sewaktu dia masih muda.



迷離境界 - 第二集 (幽靈小說)
Mi Li Jing Jie – Di Er Ji (You Ling Xiao Shuo)
Zona Tak Masuk Diakal – Jilid Kedua (Kumpulan Cerita2 Mengenai Roh)




--->>>>>

Xia Fei Road (霞飛路), tempat pertemuan pertama antara Su Jichen dan Cuifeng, sekarang telah berubah nama menjadi Huai Hai Avenue (淮海路). Jalan raya ini telah ada sejak tahun 1900 dan merupakan jalan yang penuh dengan pertokoan dan restoran. Total panjang jalan ini mencapai 5,5 km dan merupakan salah satu dari jalan2 terpanjang di Shanghai.



Xia Fei Street Tahun 1920



Xia Fei Street (Huai Hai Avenue) Sekarang



Xia Fei Street (Huai Hai Avenue) Sekarang


Di Xia Fei Street (Huai Hai Avenue) ini terdapat sebuah tempat hangout yang unik, yaitu Absolut Ice Bar yang terletak dibangunan Infiniti Plaza. Ini adalah ice bar kedua di Asia setelah Tokyo. Sebanyak 45 ton es dibutuhkan untuk membuat ice bar ini dan semua es diangkut dari Swedia. Luas ice bar ini 100m2 dan dapat menampung 60 tamu sekaligus. Suhu didalam ice bar ini adalah -5 derajat Celcius dan setiap 6 bulan sekali dekorasi esnya diganti.




Agar tidak kedinginan, setiap tamu diberi pakaian eskimo seperti foto diatas.



Seru juga yah menikmati liqueur warna-warni dalam gelas nyentrik yang terbuat dari es.

Hangzhou (杭州) - tempat Cuifeng menghilang karena dipaksa ibunya kawin disana, berjarak 192 km dari Shanghai. Dapat ditempuh dengan kereta api maupun bus dari Shanghai dan memakan waktu kira2 2 jam. Disinilah terletak Xihu (西湖) atau West Lake yang terkenal itu. Ada sebuah sebutan bersajak: Shang You Tian Tang, Xia You Su Hang. (上有天堂、下有苏杭。) yang artinya Diatas Ada Nirwana, Dibawah Ada Su(zhou) dan Hang(zhou) - melukiskan betapa indahnya kedua kota Suzhou dan Hangzhou sampai dapat menandingi nirwana.








Pohon yangliu (willow) banyak terdapat dipesisir West Lake dan merupakan pemandangan khas dari danau tersebut.




[forum.vivanews.com]


No comments:

Post a Comment