Wednesday, January 13, 2010

Gempa 7 SR Guncang Haiti

Port-au-Prince - Gempa berkekuatan 7,0 Skala Richter mengguncang Haiti. Gempa besar ini menimbulkan kepanikan dan kerusakan yang luar biasa di negara yang terletak di lautan Karibia tersebut, termasuk Istana Kepresidenan.
Istana Presiden Haiti yang rusak cukup parah


"Saya rasa ini benar-benar suatu bencana dengan proporsi besar," ujat Duta Besar Haiti untuk Amerika Serikat, Raymond Alcide Joseph, kepada stasiun televisi CNN seperti dilansir AFP, Rabu (13/1/2009).

Semua sistem komunikasi di pulau tersebut terganggu setelah gempa mengguncang. Belum diketahui adanya korban tewas maupun luka-luka akibat bencana ini.

Peringatan tsunami bagi wilayah Karibia sempat dikeluarkan pada pukul 21.53 GMT, sesaat setelah gempa terjadi. Seorang saksi mata mengatakan, tanah sempat berguncang selama lebih dari 1 menit. Dan selanjutnya gempa susulan bertubi-tubi melanda.

Di ibukota Port-au-Prince, media setempat melaporkan Istana Kepresidenan, gedung parlemen, bangunan gereja dan beberapa gedung pemerintah lainnya mengalami kerusakan serius.

US Geological Survey (USGS) menyatakan gempa besar ini berkekuatan 7,3 Skala Richter terjadi di kedalaman 10 kilometer. Pusatnya berada di jarak 16 kilometer dari ibukota Port-au-Prince dan 27 kilometer dari Petionville, daerah pinggiran Haiti.

Indonesia Kirim Tim Bantu Haiti
Jakarta - Baru saja diresmikan, Satuan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (SRCPB) sudah langsung mendapat tugas. Presiden SBY menugaskannya untuk turut membantu proses tanggap darurat gempa di Haiti.

"Saya telah mengintruksikan agar kontingen Indonesia berangkat ke Haiti untuk membantu musibah yang terjadi," kata Presiden SBY dalam sambutan simulasi penanganan bencana di Pangkalan Udara Militer Lanud Halim Perdanakusumah, Jakarta, Kamis (14/1/2010).

Gempa berkekuatan 7 Skala Richter mengguncang Haiti pada Rabu (13/1/2010) kemarin. Ribuan bangunan luluh lantak dan seratusan ribu orang dinyatakan hilang dalam gempa yang pemeritah Haiti nyatakan sebagai yang terbesar dalam 50 tahun terakhir.

Ada 2 WNI yang bertugas sebagai volunteer di misi PBB di negara di kepulauan Karibia itu ditemukan selamat. Sementara masih ada 3 lainnya bekerja di sebuah hotel di salah satu hotel di Port-au-Prince, Haiti, hingga kini belum ada kabarnya.

Sumber: Detik.Com

Dunia kembali beduka.. Kini gampa bumi berkekuatan 7 SR kembali terjadi di Haiti... Karena itu mari kita berdoa bersama untuk mereka yang jadi korban, baik sudah meninggal maupun yang ditinggalkan.... Semoga semua amalya di dunia diterima oleh Tuhan YME dan yang ditinggalkan diberi katabahan dan kesabaran... Amiin..

No comments:

Post a Comment